Solana Menggunakan Karat untuk Menarik Pengembang dan Menghindari Copypasta

Solana Menggunakan Karat untuk Menarik Pengembang dan Menghindari Copypasta

Rust adalah bahasa pemrograman. Menurut survei pengembang tahunan Stack Overflow, Rust adalah bahasa pemrograman paling populer. Kini Rust diprediksi bisa menjadi kunci untuk menguasai Web3 dengan memantapkan roadmap ke masa depan.

Solana menyebarkan Rust untuk menarik pengembang ke platform. Pendiri Solana yakin bahwa itu hanya akan menarik pengembang profesional karena tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Mengapa Karat?

Memilih bahasa yang lebih mudah untuk ditulis seharusnya menjadi prioritas Solana. Mesin Virtual Ethereum adalah salah satu contohnya; Namun, Solana memilih untuk pergi dengan Rust.

Alasan mengapa Rust dipilih daripada Ethereum Virtual Machine, atau bahasa lain dalam hal ini, telah dibahas oleh Anatoly Yakovenko dan Raj Gokal dalam sebuah wawancara baru-baru ini. Keduanya sepakat bahwa mereka menghindari penggunaan bahasa yang sudah mapan karena memiliki kekurangan.

Pengembang terkenal dengan copy-paste kode dari satu platform ke platform lainnya. Ini menghilangkan keinginan untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Dengan Rust, Anatoly Yakovenko dan Raj Gokal bertujuan untuk menarik hanya pengembang profesional yang berpengalaman dengan tingkat kesulitannya dan masih lebih menyukainya daripada bahasa lain.

Pengembang profesional bekerja untuk membuat program yang disesuaikan dan dapat diskalakan. Rust akan mendukung kebutuhan ini bahkan setelah menghilangkan fitur copypasta.

Seorang pengembang telah menunjukkan bahwa itu mungkin tidak secantik kelihatannya.

Seperti bahasa pemrograman lainnya, Rust memiliki kelemahan dari pengembang yang tidak berpengalaman. Ada kemungkinan mereka akan mengacaukan proses menciptakan sesuatu dan akhirnya membuang banyak uang.

Kelemahan ini berlaku untuk setiap bahasa dan platform. Itu sedang dibangkitkan di Rust karena semakin populer di dunia Crypto sekarang.

Anatoly Yakovenko maju untuk menjawab kekhawatiran ini. Dia mengatakan bahwa komunitas pengembang profesional menangani masalah tersebut dengan mengidentifikasi bug. Setiap bug ditinjau oleh komunitas dan dilaporkan ke pengembang paling awal.

Solana juga akan menerima pukulan karena pemadaman ke-6 yang baru-baru ini dideritanya. Pemadaman berlangsung selama 8 jam, dengan keenam pemadaman dilaporkan hanya pada Januari 2022.

Jaringan lain tidak berbeda dengan menghadapi masalah.

Ethereum, saingan Solana, menghadapi banyak reaksi karena biaya gasnya yang tinggi dan kesulitan dalam penskalaan. Bahkan Polygon PoS, pendatang baru, menyaksikan kenaikan harga untuk ke-7 kalinya dalam sebulan ini.

Belum ada komentar dari Ethereum, tetapi Polygon PoS dikatakan menderita kenaikan harga karena permintaan permainan yang tersumbat untuk mendapatkan videogame. Anatoly Yakovenko mengambil alih untuk membenarkan masalah Solana dan menyalahkan bot likuidator karena mengirim spam ke jaringan.

Solana ada di sini untuk tinggal terlepas dari semua kekurangannya. Ini memiliki banyak dukungan dari komunitas pengembang profesional yang tetap waspada untuk melaporkan setiap bug ke pengembang. Sesuai laporan yang diterbitkan oleh The New Stacks Lawrence Hecht, Solana menunjukkan kecepatan yang setara dengan andalan komunitas open-source. Baca prediksi harga Solana ini untuk mendapatkan wawasan tentang masa depan Solana.

Author: Jason Gray